Senin, 16 Mei 2016

EVALUASI KEPERAWATAN KELUARGA

BAB 10
 EVALUASI KEPERAWATAN KELUARGA

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, mahasiswa diharapkan mampu
1.      Menjelaskan perngertian evaluasi keperawatan keluarga
2.      Menjelaskan tujuan evaluasi keperawatan keluarga
3.      Menjelaskan proses evaluasi keperawatan keluarga
4.      Menjelaskan tipe evaluasi keperawatan keluarga
5.      Menjelaskan penilaian evaluasi keperawatan keluarga
6.       

A.    Pengertian Evaluasi Keperawatan Keluarga

Evaluasi adalah aktivitas yang direncanakan, berkelanjutan, dan terarah ketika klien dan professional kesehatan menentukan kemajuan klien menuju pencapaian tujuan atau hasil keefektifan rencana asuhan keperawatan dengan tindakan intelektual dalam melengkapi proses keperawatan yang menandakan keberhasilan untuk diagnosa keperawatan, rencana intervensi dan implementasinya. Tahap evalausi memungkinkan perawat dalam memonitor apa yang terjadi selama pengkajian, analisis, perencanaan dan implementasi intervensi (Nursalam, 2008).

B.     Tujuan Evaluasi Keperawatan Keluarga

Tujuan evaluasi terdiri dari tujuan umum dan tujuan khusus.
1.      Tujuan Umum
a.       Menjamin asuhan keperawatan secara optimal
b.      Meningkatkan kualitas asuhan keperawatan
c.       Meneruskan rencana asuhan keperawatan
2.      Tujuan khusus
a.       Mengakhiri rencana tindakan keperawatan
b.      Menyatakan apakah tujuan keperawatan telah tercapai atau belum
c.       Meneruskan rencana tindakan keperawatan
d.      Memodifikasi rencana tindakan keperawatan
e.       Dapat menentukan penyebab apabila tujuan asuhan keperawatan belum tercapai

C.    Proses Evaluasi Keperawatan Keluarga

     Proses evaluasi keperawatan keluarga memiliki lima komponen yaitu:

a.       Mengumpulkan data yang berhubungan dengan hasil yang diharapkan (indicator NOC). Dengan menggunakan hasil yang diharapkan dan dinayatakan dengan jelas, tepat dan dapat diukur sebagai panduan perawat mengumpulkan data sehingga dapat ditarik kesimpulan apakah tujuan bisa tercapai.
b.      Membandingkan data dengan hasil
Apabila dua bagian pertama proses evaluasi telah dilaksanakan secara efektif, relative mudah dalam menentukan apakah hasil yang diharapkan telah tercapai. Perawat atau klien berperan aktif dalam membandingkan respon aktual klien dengan hasil yang diharapkan. Dalam menentukan apakah tujuan telah tercapai, perawat dapat menarik salah satu dari tiga kemungkinan kesimpulan.
1)      Tujuan tercapai yaitu respon klien sama seperti apa yang diharapkan
2)      Tujuan tercapai sebagian yaitu tujuan jangka pendek tercapai, dalam tujuan jangka panjang tidak tercapai dan hasil yang diharapkan hanya tercapai sebagian
3)      Tujuan tidak tercapai yaitu tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang tidak tercapai
c.       Menghubungkan tindakan keperawatan dengan hasil
Aspek ke empat evaluasi adalah menentukan apakah tindakan keperawatan memiliki kaitan dengan hasil.Jangan mengasumsikan tindakan keperawatan sebagai penyebab atau satu-satunya faktor dalam mencapai, sebagian mencapai atau tidak mencapai tujuan.
d.      Menarik kesimpulan tentang status
Ketika tujuan tercapai perawat dapat menarik salah satu kesimpulan berikut tentang status masalah klien.
1)      Masalah actual yang dinyatakan dalam diagnosa keperawatan sudah diselesaikan: masalah potensial dicegah dan faktor resiko tidak ada lagi. Perawat mendokumentasikan bahwa tujuan telah tercapai dan mengehentikan asuhan untuk masalah tersebut.
2)      Masalah potensial yang dinyatakan dalam diagnosis keperawatan dapat dicegah akan tetapi faktor resiko masih ada. Kasus ini perawat mempertahankan masalah renacana asuhan.
3)      Masalah aktual tetap ada walaupun beberapa tujuan tercapai.

e.       Melanjutkan, memodifikasi dan mengakhiri rencana asuhan keperawatan.
Setelah menarik kesimpulan tentang masalah klien, perawat memodifikasi rencana asuhan sesuai indikasi. Pemeriksaan perawat lebih lanjut adalah:
1)      Pengkajian
Data dasar yang tidak lengkap atau tidak benar mempengaruhi semua langkah proses keperawatan berikutnya dan rencana asuhan. Data yang tidak lengkap, perawat harus mengkaji kembali klien dan mencatat data baru. Pada beberapa kasus, data yang baru dapat mengindikasikan pentingnya menegakkan diagnosa keperawatan baru, tujuan baru, dan program keperawatan baru.
2)      Diagnosis
Jika data dasar tidak lengkap, pernyataan diagnosis yang baru mungkin diperlukan. Jika data lengkap, perawat harus menganlisis apakah masalah diidentifikasi dengan benar dan apakah diagnosis keperawatan relevan dengan data dasar tersebut. Perawat merevisi dan menambah diagnosis baru sesuai kebutuhan
3)      Perencanaan: hasil yang diharapkan
Apabila diagnosis keperawatan tidak akurat, tampak jelas pernyataan tujuan perlu direvisi. Tujuan yang tidak realistis memerlukan koreksi. Perawat harus menentukan apakah prioritas berubah atau apakah klien tetap setuju denagn prioritas tersebut.
4)      Perencanaan: program keperawatan
Perawat menginvestigasi apakah intervensi keperawatan berhubungan dengan tercapainya tujuan dan apakah telah dipilih intervensi keperawatan yang baik. Apabila diagnosa dan tujuan tepat intervensi keperawatan yang dipilih mungkin bukan merupakan intervensi yang terbaik dalam mencapai tujuan.
5)      Implementasi
Setelah membuat modifikasi yang diperlukan pada rencana asuhan, perawat mengimplemenatsikan rencana yang telah dimodifikasi dan memulai siklus proses keperawatan kembali

D.    Tipe Evaluasi Keperawatan Keluarga

Terdapat tiga tipe evaluasi yaitu:

1.      Struktur
Terdiri dari fasilitas fisik, perlengkapan, layanan dan kualitifikasi pegawai.
2.      Proses
Tindakan keperawatan dalam setiap komponen proses keperawatan yang mencakup:
a.       Adekuasi: jumlah dan kualitas.
b.      Kesesuaian: relevan dengan setiap komponen dan situasi klien.
c.       Efektifitas: kemampuan untuk memfasilitasi criteria hasil klien.
d.      Efesiensi: konservasi waktu, energi dan sumber daya klien, tim kesehatan dan lembaga.
3.      Hasil
Perubahan perilaku klien yang mencakup:                 
1.      Respon fisiologis, suhu, penyembuhan luka, respon neurologis
2.      Respon psikologis, afek yang sesuai, perilaku verbal dan non verbal
3.      Keterampilan psikomotor, perawatan bayi, penggantian balutan, irigasi kolostomi, berjalan dengan kruk.
4.      Pengetahuan mengenai penyakit termasuk obat-obatan, terapi, diet, pencegahan.
5.      Kemampuan untuk mengatasi berduka, melaksanakn aktivitas sehari-hari, olahraga.

E.     Penilaian Evaluasi Keperawatan Keluarga

Sesuai dengan rencana tindakan yang telah diberikan, dilakukan penilaian untuk melihat keberhasilannya. Bila tidak / belum berhasil pelu disusun rencana baru yang sesuai. Semua tindakan keperawatan mungkin tidak dapat dilaksanakan dalam satu kali kunjungan ke keluarga. Untuk itu dapat dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan waktu dan kesediaan keluarga. Tahapan evaluasi dapat dilakukan secara formatif dan sumatif. Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilakukan selama proses asuhan keperawatan, sedangkan evaluasi sumatif adalah evaluasi akhir. Evaluasi disusun dengan menggunakan SOAP secara operasional.
S : Adalah hal – hal yang dikemukakan oleh keluarga secara subyektif setelah dilakukan intervensi keperawatan missal : keluarga menyatakan nyerinya berkurang.
O : Adalah hal – hal yang ditemui  perawat secara obyektif setelah dilakukan intervensi keperawatan, missal ; BB naik 1 kg dalam 1 bulan.
A :  Adalah analisa dari hasil yang telah dicapai dengan mengacu pada tujuan yang terkait dengan diagnosa.
P : Adalah perencanaan yang kan datang setelah melihat respon dari keluarga pada tahapan evaluasi.


RANGKUMAN
1.      Evaluasi keperawatan keluarga proses professional kesehatan menentukan kemajuan klien menuju pencapaian tujuan atau hasil keefektifan rencana asuhan keperawatan dengan tindakan keperawatan yang menandakan keberhasilan untuk diagnosa keperawatan, rencana intervensi dan implementasinya.
2.      Tujuan evaluasi keperawatan keluarga antara lain: menjamin dan meningkatkan kualitas asuhan keperawatan secara optimal, menyatakan apakah tujuan keperawatan telah tercapai atau belum, meneruskan dan memodifikasi rencana tindakan keperawatan keluarga.
3.      Proses evaluasi keperawatan keluarga memiliki lima komponen        yaitu:
a.       Mengumpulkan data yang berhubungan dengan hasil yang diharapkan 
b.      Membandingkan data dengan hasil
c.       Menghubungkan tindakan keperawatan dengan hasil
d.      Menarik kesimpulan tentang status
e.       Melanjutkan, memodifikasi dan mengakhiri rencana asuhan keperawatan.

4.      Terdapat tiga tipe evaluasi yaitu: a. Struktur (fasilitas fisik, perlengkapan, layanan dan kualitifikasi perawat), b. Proses (tindakan keperawatan dalam setiap komponen proses keperawatan ), c. Hasil (respon fisiologis, respon psikologis, keterampilan psikomotor, pengetahuan)

5.      Tahapan evaluasi dapat dilakukan secara formatif dan sumatif. Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilakukan selama proses asuhan keperawatan, sedangkan evaluasi sumatif adalah evaluasi akhir. Evaluasi disusun dengan menggunakan SOAP secara operasional.

LATIHAN
1.      Tujuan khusus evaluasi keperawatan keluarga sebagai berikut, kecuali:
a.       Meningkatkan kualitas asuhan keperawatan
b.      Mengakhiri rencana tindakan keperawatan
c.       Meneruskan rencana tindakan keperawatan
d.      Memodifikasi rencana tindakan keperawatan
2.      Perawat atau klien berperan aktif dalam membandingkan respon aktual klien dengan hasil yang diharapkan, merupakan tahapan dalam  evaluasi keperawatan keluarga….
a.       Tujuan evaluasi keperawatan keluarga
b.      Proses evaluasi keperawatan keluarga
c.       Tipe evaluasi keperawatan keluarga
d.      Akhir evaluasi keperawatan keluarga

3.      Hasil  evaluasi keperawatan keluarga diharapkan terjadi perubahan perilaku klien yang mencakup:  
1.      Respon fisiologis suhu, penyembuhan luka, respon neurologis
2.      Respon psikologis, afek yang sesuai, perilaku verbal dan non verbal
3.      Keterampilan psikomotor, perawatan bayi, penggantian balutan, irigasi kolostomi, berjalan dengan kruk.
4.      Pengetahuan mengenai penyakit termasuk obat-obatan, terapi, diet, pencegahan.

4.      Evaluasi sebagai proses dipusatkan pada pencapaian tujuan dengan memperhatikan keberhasilan dari tindakan keperawatan dalam setiap komponen proses keperawatan yang mencakup:….
1.      Adekuasi
2.      Kesesuaian
3.      Efektifitas
4.      Efesiensi

5.      Jelaskan pendapat saudara tentang evaluasi keperawatan keluarga, diskusikan dengan teman anda ?



1 komentar: