Rabu, 02 Maret 2016

keperawatan keluarga



PENGKAJIAN KEPERAWATAN KELUARGA

A.    Pengkajian Keperawatan Keluarga

Pengkajian adalah tahap awal dari proses keperawatan dan merupakan suatu proses yang sistematis dalam pengumpulan data dari berbagai sumber data untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi status kesehatan klien. Tujuan dari pengkajian adalah untuk mengumpulkan, mengorganisir dan mencatat data yang telah menjelaskan respon manusia yang mempengaruhi pola-pola kesehatan klien (Handayaningsih, 2007).
Pengkajian berupa data subyektif dan data obyektif. Data subjektif adalah data yang didapatkan dari klien sebagai suatu pendapat terhadap suatu situasi dan kejadian, data subjektif diperoleh dari riwayat keperawatan termasuk persepsi klien, perasaan, dan ide tentang status kesehatannya. Data objektif adalah data yang dapat diobservasi dan diukur oleh perawat, data ini diperoleh melalui kepekaan perawat (senses) selama melakukan pemeriksaan fisik melalui 2S (sight, smell) dan HT (hearing, touch/taste) (Nursalam, 2008).
Pengkajian keluarga adalah suatu tahapan dimana seorang perawat mengambil informasi secara terus – menerus terhadap anggota keluarga yang dibinanya. Sumber informasi dari tahapan pengkajian dapat menggunakan metode : wawancara keluarga, observasi fasilitas rumah, Pemeriksaan fisik dari anggota keluarga ( dari ujung rambut sampai ujung   kaki ), Data sekunder, contoh : hasil laboratoroum,hasil X-Ray, pap smear dll. Wawancara adalah mengadakan tanya jawab pada pihak yang terkait yaitu pasien, keluarga pasien maupun petugas pelayanan kesehatan yang ada. Metode ini dilakukan langsung pada saat proses pengkajian keluarga. Observasi adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengamati perubahan perilaku klien dan keluarga selama proses berlangsungnya pengkajian.
Pemeriksaan fisik dilakukan secara head to toe yaitu pemeriksaan yang dilakukan dari ujung rambut hingga ujung kaki, mulai dari keadaan umum pasien, kesadaran, tanda-tanda vital, pemeriksaan kulit sampai ekstermitas. Pemeriksaan fisik bermanfaat dalam hal mendapatkan data yang lebih akurat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar